Fungsi Alat Keselamatan Kerja Las dan Pelindung Diri K3

Fungsi Alat Keselamatan Kerja Las dan Pelindung Diri K3

Alat keselamatan kerja las – Proses pengelasan yaitu salah satu pekerjaan yang memiliki banyak resiko berbahaya. Karena ketika proses pengelasan berlangsung, bahaya seperti asap, sinar pengelasan, panas dan bahaya listrik akan muncul. Oleh sebab itu jika kita tidak menggunakan alat keselamatan dalam prose pengelasan, maka akan sangat membahayakan keselamatan kita saat bekerja.

Dalam tiap-tiap pekerjaan apapun biasanya pasti selalu ada bahaya yang bisa saja mengancam, oleh sebab itu jika Anda sedang melakukan proses pengelasan maka dari itu sebaiknya Anda menggunakan alat pelindung diri. Baik itu untuk pengelasan listrik SMAW, GMAW, GTAW, SAW atau las gas seperti OAW, menggunakan APD las adalah hal wajib. Apabila kita menggunakan alat keselamatan sesuai standart maka dari itu jika terjadi kecelakaan kerja bisa diminimalisir.

Jenis-jenis alat keselamatan kerja las yang bisa Anda gunakan adalah helm las atau topeng las, sarung tangan las, apron, safety shoes atau sepatu safety dan pakaian kerja. Untuk Anda yang masih belum mengenal jenis-jenis kelengkapan atau pakaian kerja las dan fungsinya, berikut ini kami sajikan untuk Anda.

Simak Juga: Kacamata Safety

Alat Pelindung Diri K3 Las OAW dan Listrik Beserta Fungsinya:

Pakaian Kerja Las atau Apron
Pakain kerja las adalah baju yang bisa melindungi segala bagian tubuh dari panas dan percikan las. Oleh karena itu terdapat Apron sebagai tambahan, apron dada dan apron lengan ini terbuat dari bahan kulit. Karena jika dari kain umumnya pakaian akan berlubang, hal ini disebabkan karena tingginya suhu percikan las.

Sarung Tangan Las atau welding gloves
Welding gloves atau sarung tangan las adalah sarung tangan yang memang khusus dihasilkan untuk proses pengelasan, bahan sarung tangan las terbuat dari kulit atau bahan sejenis asbes dengan kelenturan yang baik. Welding gloves berfungsi untuk melindungi kedua tangan dari percikan las atau spater dan panas material yang dibuat dari proses pengelasan.

Sepatu las atau safety shoes
Sepatu las adalah sepatu yang terbuat dari kulit dan bagian depan sepatu terdapat sebuah plat baja yang berfungsi untuk melindungi kaki dari kejatuhan benda yang berat dan benda yang tajam. Maka dari itu karena bersifat isolator, sepatu ini juga melindungi dari bahaya sengatan listrik.

Helm Las atau Topeng las
Helm las adalah alat yang memiliki fungsi melindungi bagian wajah dari percikan las, panas pengelasan dan cahaya las ke bagian mata. Topeng las ini terbuat dari bahan plastik yang bendung panas, selain itu terdapat tiga kaca (jernih, hitam, jernih) yang berfungsi untuk melindungi mata dari bahaya sinar langsung dan ultraviolet ketika melaksanakan proses pengelasan.

Kaca las memiliki pengkodean nomor, yakni nomor 6, 7, 8 , 10, 11, 12 dan 14. Selain besar ukurannya karenanya densitas atau kegelapan kaca tersebut juga semakin tinggi. Jadi Anda bisa menyesuaikan yang sesuai dengan keadaan mata Anda. Selain itu ukuran ampere yang digunakan, karena ampere yang besar akan memunculkan sinar yang lebih terang.

Masker Las
Masker berfungsi sebagai alat perlindung pernapasan dari bahaya asap las, karena asap las berbeda dengan asap pada umumnya. Asap las ini merupakan hasil pembakaran dari bahan kimia untuk perlindungan lasan dan juga pembakaran atau pelelehan dari material lasan. Oleh karena itu asap las ini hampir seperti serbuk bersih dan sungguh-sungguh membahayakan alat pernapasan kita.

Alat Pelindung Diri K3 atau keselamatan kerja dalam pengelasan di atas tidak akan berfungsi dengan baik jika kita tidak mematuhi prosedur pengelasan yang umumnya telah tersedia di setiap bengkel atau tempat kita bekerja. Oleh karena itu mari kita budayakan etos kerja yang baik dan cocok dengan prosedur kerja.

Baca Juga: Helm Safety

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *