Fungsi Alat Keselamatan Kerja Las dan Pelindung Diri K3

Fungsi Alat Keselamatan Kerja Las dan Pelindung Diri K3

Alat keselamatan kerja las – Proses pengelasan yaitu salah satu pekerjaan yang memiliki banyak resiko berbahaya. Karena ketika proses pengelasan berlangsung, bahaya seperti asap, sinar pengelasan, panas dan bahaya listrik akan muncul. Oleh sebab itu jika kita tidak menggunakan alat keselamatan dalam prose pengelasan, maka akan sangat membahayakan keselamatan kita saat bekerja.

Dalam tiap-tiap pekerjaan apapun biasanya pasti selalu ada bahaya yang bisa saja mengancam, oleh sebab itu jika Anda sedang melakukan proses pengelasan maka dari itu sebaiknya Anda menggunakan alat pelindung diri. Baik itu untuk pengelasan listrik SMAW, GMAW, GTAW, SAW atau las gas seperti OAW, menggunakan APD las adalah hal wajib. Apabila kita menggunakan alat keselamatan sesuai standart maka dari itu jika terjadi kecelakaan kerja bisa diminimalisir.

Jenis-jenis alat keselamatan kerja las yang bisa Anda gunakan adalah helm las atau topeng las, sarung tangan las, apron, safety shoes atau sepatu safety dan pakaian kerja. Untuk Anda yang masih belum mengenal jenis-jenis kelengkapan atau pakaian kerja las dan fungsinya, berikut ini kami sajikan untuk Anda.

Simak Juga: Kacamata Safety

Alat Pelindung Diri K3 Las OAW dan Listrik Beserta Fungsinya:

Pakaian Kerja Las atau Apron
Pakain kerja las adalah baju yang bisa melindungi segala bagian tubuh dari panas dan percikan las. Oleh karena itu terdapat Apron sebagai tambahan, apron dada dan apron lengan ini terbuat dari bahan kulit. Karena jika dari kain umumnya pakaian akan berlubang, hal ini disebabkan karena tingginya suhu percikan las.

Sarung Tangan Las atau welding gloves
Welding gloves atau sarung tangan las adalah sarung tangan yang memang khusus dihasilkan untuk proses pengelasan, bahan sarung tangan las terbuat dari kulit atau bahan sejenis asbes dengan kelenturan yang baik. Welding gloves berfungsi untuk melindungi kedua tangan dari percikan las atau spater dan panas material yang dibuat dari proses pengelasan.

Sepatu las atau safety shoes
Sepatu las adalah sepatu yang terbuat dari kulit dan bagian depan sepatu terdapat sebuah plat baja yang berfungsi untuk melindungi kaki dari kejatuhan benda yang berat dan benda yang tajam. Maka dari itu karena bersifat isolator, sepatu ini juga melindungi dari bahaya sengatan listrik.

Helm Las atau Topeng las
Helm las adalah alat yang memiliki fungsi melindungi bagian wajah dari percikan las, panas pengelasan dan cahaya las ke bagian mata. Topeng las ini terbuat dari bahan plastik yang bendung panas, selain itu terdapat tiga kaca (jernih, hitam, jernih) yang berfungsi untuk melindungi mata dari bahaya sinar langsung dan ultraviolet ketika melaksanakan proses pengelasan.

Kaca las memiliki pengkodean nomor, yakni nomor 6, 7, 8 , 10, 11, 12 dan 14. Selain besar ukurannya karenanya densitas atau kegelapan kaca tersebut juga semakin tinggi. Jadi Anda bisa menyesuaikan yang sesuai dengan keadaan mata Anda. Selain itu ukuran ampere yang digunakan, karena ampere yang besar akan memunculkan sinar yang lebih terang.

Masker Las
Masker berfungsi sebagai alat perlindung pernapasan dari bahaya asap las, karena asap las berbeda dengan asap pada umumnya. Asap las ini merupakan hasil pembakaran dari bahan kimia untuk perlindungan lasan dan juga pembakaran atau pelelehan dari material lasan. Oleh karena itu asap las ini hampir seperti serbuk bersih dan sungguh-sungguh membahayakan alat pernapasan kita.

Alat Pelindung Diri K3 atau keselamatan kerja dalam pengelasan di atas tidak akan berfungsi dengan baik jika kita tidak mematuhi prosedur pengelasan yang umumnya telah tersedia di setiap bengkel atau tempat kita bekerja. Oleh karena itu mari kita budayakan etos kerja yang baik dan cocok dengan prosedur kerja.

Baca Juga: Helm Safety

8 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Berwisata ke Maldives

Meningkatnya popularitas seputar wisata ke Maldives atau dalam bahasa Indonesia, Maladewa, membuat negara yang berada di barat daya India ini masuk dalam daftar wajib untuk dikunjungi para pejalan atau wisatawan Indonesia.

Identik dengan pantai biru yang sempurna dan memanjakan mata sejauh pandangan, Maladewa juga tidak jarang dianggap wisata mahal, karena harganya yang fantastis. Akan tetapi, benarkah hal tersebut?

Ada beberapa hal yang menarik untuk diselidiki ketika berencana berwisata ke Maladewa. Setidaknya dengan mencari tahu adanya bermacam-macam hal menarik, waktu terbaik, dan resort yang menyediakan harga promo, bisa jadi wisata ke Maladewa tidak semahal yang dibayangkan, dan bukan hanya impian saja.

Baca Juga: Papua Paradise

Berikut delapan hal yang dapat jadi pertimbangan, dan niscaya bisa medorong kamu mewujudkan keinginan untuk mencatat Maladewa di daftar wajib kunjungmu tahun ini:

1. Waktu terbaik

Beberapa website perjalanan menyarankan waktu terbaik untuk mengunjungi Maladewa di musim panas, adalah antara November sampai April. Tetapi, tidak menutup kemungkinan apabila ingin mengunjunginya di September, sebelum masuk high season wisatawan. Pada bulan tersebut, selain sinar matahari dan angin yang berhembus, musim ini adalah musim terbaik dan juga membuat betah. Mata akan dimanjakan pandangan yang dikelilingi oleh pantai biru, atau laut yang setenang kaca cermin.

2. Maskapai penerbangan

Ada dua maskapai yang dapat jadi pilihan, yaitu Singapore Airlines dan Scoot Airlines. Harga terbang bervariasi, dari mulai dari Rp1,4 juta sekali jalan dari Jakarta dengan transit di Singapura terlebih dahulu sebelum ke Male, ibukota dari Maldives. Jika mendapat waktu pengorderan terbaik, akan memperoleh harga yang jauh lebih relatif murah.

3. Visa kedatangan

Untuk wisatawan Indonesia, Maladewa memberikan visa kedatangan turis selama 30 hari. Dengan demikian itu tidak direpotkan dengan pengurusan visa, sehingga satu masalah teratasi dengan mudah. Cukup bermodal paspor, dan dapat merasakan pantai sepanjang satu bulan apabila diinginkan.

Cek Juga: Outbound Puncak

4. Pastikan tujuan

Maladewa yaitu negara kepulauan, disebut ada sekitar 1.190 pulau di negara yang merdeka pada 1965 ini. Di antara ribuan pulau itu ada 200 pulau berpenghuni, dan 80 pulau yang dihuni oleh resort untuk wisatawan.

Salah satu pulau itu, ada Grand Park Kodhipparu Maldives yang baru saja beroperasi semenjak Juni 2017. Tiap tahun ada resort baru yang dibuka di Maladewa seiring dengan meningkatnya popularitas negara tersebut sebagai tujuan wisata.

Di resort ini, terdapat 120 villa yang dibagi atas villa pinggir pantai, villa dekat laguna, dan villa di atas laut. Karena ada banyak pulau di Maladewa, pastikan apakah akan menghabiskan waktu di pulau resort, di Male, atau pulau lain yang cukup terkenal seperti Maafushi.

5. Pulau resort

Hampir tiap tahun, ada pembukaan atau pengesahan pulau resort baru di Maladewa, lagi-lagi seiring dengan popularitasnya yang terus naik sebagai tujuan liburan. Namun, ini berarti menguntungkan bagi wisatawan, karena mereka berlomba-lomba menawarkan banyak promo dan harga yang lebih murah, serta penawaran yang lebih menarik.

Elaine Heng, Pembantu Direktur Marcom Park Hotel Group mengatakan tiap pulau resort di Maladewa punya andalan pantai biru, laguna dan pandangan yang menawan. Bedanya, Kodhipparu (yang juga mengacu pada nama pulau di North Male Atoll) termasuk strategis karena dekat dengan bandar udara internasional yang ada di ibukota Maladewa, Male.

Jika umumnya wisatawan naik pesawat dari bandar udara ke resort yang dituju, Kodhipparu dicapai dengan kapal speedboat dalam waktu 20 menit. Ini berarti menghemat waktu dan juga pengeluaran. Seiring dengan pengesahan pembukaannya, resort yang juga dilengkapi bermacam-macam jenis layanan aktivitas olahraga laut ini memberikan promo potongan harga untuk sewa villa.

6. Kesibukan yang dilaksanakan

Selain menghabiskan waktu menikmati pantai, bersantai, dan tidak melakukan apa-apa, ada banyak kesibukan lain yang dapat menjadi pilihan. Mayoritas kesibukan yang berkaitan dengan laut seperti snorkeling, menyelam, surfing, memandang atraksi lumba-lumba, jet ski, kayak, wakeboarding dan lainnya.

Sejumlah resort di Maladewa menyediakan bermacam-macam layanan ini tergantung ingin merogeh kocek atau tidak.

Kunjungi Juga: Komodo Liveaboard

7. Makanan pengganjal lapar

Jika berada di pusat kota seperti Male bisa jadi mendapat aneka jenis makanan khas dan dekat dengan penduduk setempat. Tetapi, apabila berada di pulau resort, makanan yang tersedia tergantung yang disajikan oleh masing-masing resort.

Grand Park Kodhipparu Maldives misalnya, menyediakan tiga tempat makan sebagai pilihan. Tidak hanya memperkenalkan makanan setempat atau kombinasi dengan makanan lain, tempat makan juga menyuguhkan panorama laut sebagai poin tambahnya. Ada juga layanan makan berdua candle light dinner apabila memang berwisata bersama pasangan.

8. Memahami Maldives

Sebelum melangkah memasuki negara yang mayoritas berpenduduk muslim ini, ada baiknya mengenal juga bahwa adanya aturan tegas bagi penduduk setempat, termasuk aturan berbikini yang tidak dapat dipakai di sembarang pantai umum.

Mata uang yang digunakan Rufiyaa, dan di sejumlah tempat terdapat juga dollar AS. Penduduk menggunakan bahasa Dhivehi, kadang ada juga yang sudah berbahasa Inggris.

Sekian pertimbangan yang wajib kamu ketahui sebelum mengunjungi Maldives, semoga bisa menjadi bahan persiapan kamu apabila berencana melakukan perjalanan ke pulau tersebut.

Simak Juga: Wisata Pulau Seribu

Tips Mencari Rumah dan Lantai Yang Bagus Setelah Menikah

Perkara daerah tinggal sesudah menikah memang cukup menjadi pembicaraan pelik yang rentan memunculkan perkelahian bagi kalian, pasangan yang telah atau hendak menikah. Beraneka jenis opsi malahan diceritakan. Apakah akan di rumah sendiri, rumah orang tua, apartemen, atau kontrak rumah. Belum lagi situasi sulit di kota mana daerah kalian akan tinggal. Duh, bikin pusing. Jikalau saja punya budget yang cukup untuk membeli rumah idaman, karenanya seluruh situasi sulit dapat hilang. Tapi kita sadar, beberapa besar dari pasangan yang baru menikah belum mempunyai anggaran keuangan yang settled untuk membeli sebuah rumah. Sehingga khusus untuk kalian para pasangan senang, kami buatkan tulisan ini khusus untuk kalian.

Ada banyak figur opsi daerah tinggal untuk pasangan yang baru menikah. jadi kita rangkumkan untuk kalian beserta profit dan kerugiannya. Yuk simak bareng..

Baca juga : Harga Epoxy

Mengontrak rumah merupakan alternatif paling masuk nalar bagimu, pasangan muda yang baru saja menikah dan berharap mandiri.
Dunia milik berdua, yang lainnya ngontrak

Sayangnya pepatah itu nggak berlaku bagi kalian yang emang berencana mengontrak rumah. Hehehe. Kontrak rumah dapat menjadi alternatif bagi kalian yang berharap mandiri terpisah dengan orang tua. Namanya saja pengantin baru, pengennya dapat lantas mandiri menapaki kehidupan bersama berdua. Aww

Profit:

Tarif kontrak bervariasi, menyesuaikan dengan lokasi rumah kontrakan dan fasilitas yang ada
Tak semahal sekiranya lantas beli rumah
Dengan ngontrak, kalian dapat menikmati hidup berdua secara mandiri tanpa gangguan dari pihak manapun
Kerugian:

Harga Epoxy Lantai

Namanya saja ngontrak, rumah yang kau tinggali belum menjadi milik kau
Dapat sewaktu-waktu ganti pemilik kontrakan, menyesuaikan dengan pemilik baru itu effort lho
Kalian akan acap kali bermigrasi-pindah rumah seandainya masa kontrak sudah habis, selain diperpanjang

Pihak cewek merupakan si kecil bungsu? Kau dapat ikut serta tinggal di rumah orang tua cewek.
Umumnya nih, sekiranya si cewek/istri merupakan si kecil bungsu, ia dipinta untuk jagain orang tuanya. Nah, buat kau yang jadi suami, dapat ikut serta tinggal di rumah orang tua cewek lho.

Profit:

Dapat lebih dekat dengan orang tua cewek
Tarif daerah tinggal dapat ditekan, sebab ngumpul sama mertua
Tarif yang lain-lain seperti makan, air, listrik, dsb dapat lebih dihemat sebab tinggal bareng satu rumah
Kerugian:

Umumnya seandainya kalian ada situasi sulit, terpaksa mertua juga ikut serta tau
Relationship mertua-menatu antara ayah si istri dengan si suami lazimnya agak peka. Uy
Tempat privasi kalian lebih sedikit

Tidak sepatutnya di rumah orang tua cewek. Rumah orang tua cowok juga tidak situasi sulit seandainya daerah tinggal kalian berdua di kota yang sama.
Tinggal bareng mama mertua? Siapa takut. Sekiranya kondisi lebih memungkinkan untuk tinggal bareng mertua pihak cowok, ya dilakoni sajalah.
Profit:

Hampir sama dengan profit tinggal di rumah orang tua cewek
Khusus untuk kau yang cewek, dapat ikut serta belajar gaya hidup keluarga si suami. Seumpama belajar kuliner unggulan suami. Mengasyikan kan?
Kerugian:

Epoxy Lantai

Relationship mertua-menantu antara ibu pihak suami dengan si istri lazimnya agak peka. Kau yang cewek, piawai-piawai membawa diri ya

Kalian sama-sama masih mahasiswa dan tinggal di kota yang jauh dari orang tua? Kost pasutri dapat menjadi opsi daerah tinggal sementara sebelum pindah ke rumah idaman.
Tanpa bermaksud mensupport pernikahan dini, kita juga menyebut opsi tinggal di kost pasutri, bagi kalian yang masih berstatus mahasiswa melainkan telah menikah. Tidak dapat disampingkan, sebagian sahabat-sahabat ada juga yang cukup berani mengambil keputusan menikah dikala masih kuliah. Dikala situasi keuangan belum stabil, ditambah dengan tugas yang bejibun, ngekost berdua merupakan jawaban.

Profit:

Sebab ngekost, tarif sewanya relatif lebih murah ketimbang kontrak rumah
Dapat sambil belajar bareng (sekiranya sama-sama masih mahasiswa)
Lokasi kost dapat disesuaikan dengan daerah aktifitas kalian
Kerugian:

Ruang privasi kurang terjamin, sebab kost itu sistemnya kamar per kamar
Kesibukan rumah tangga seperti memasak, dsb, agak terkendala sebab sempitnya ruangan

Tinggal di kota besar seperti Jakarta, tinggal di apartemen yang dekat dengan daerah kerja dapat menjadi solusi
Kau dan pasangan sama-sama berprofesi di kota yang sama melainkan tidak mau menjadi komuter-line? Cobalah cari daerah tinggal di tengah kota yang cukup nyaman seperti apartemen. Simak profit dan kerugiannya yuk.

Profit:

Apartemen lazimnya terletak dekat dengan keramaian/daerah kerja
Gampang menjangkau daerah-daerah strategis seperti mal, rumah sakit, sekolah, dan lainnya
Huniannya relatif nyaman dengan panorama gedung-gedung tinggi. Kurang romantis apa coba?
Kerugian:

Tarif hidup di apartemen relatif lebih mahal
Sepatutnya berharap berteman dengan hiruk-pikuk kota besar yang tak jarang menyebabnya stress
Parkir bayar, air galon dua kali lipat lebih mahal, dan tarif-tarif lain yang sepatutnya kau pertimbangkan dengan pasangan

Horeee, sesudah mencoba mengajukan kredit bersama pasangan. Akibatnya kalian punya peluang mengredit rumah dengan KPR
Nah, mempunyai rumah sendiri merupakan hasrat bagi tiap pasangan muda yang baru menikah. Salah satu sistem untuk mempunyai rumah merupakan dengan mengajukan kredit KPR. Ada profit spesial nih, untuk kalian yang telah menikah. Umumnya pihak bank akan lebih gampang mengabulkan proposal KPR bagi kalian yang telah menikah. Sebab penghasilan sesudah menikah merupakan sama dengan gabungan penghasilan istri & suami. Jikalau kau dan pasangan telah sama-sama berprofesi, tak ada salahnya mengajukan KPR. Rumah idaman kelak akan langsung di tangan.

Eittt, tunggu dahulu. Ada satu lagi yang sepatutnya kalian lakukan sebelum menetapkan tinggal di mana. Halalin dahulu itu pasangan kau atuh…

Jasa Epoxy Lantai

Hati-Hati Pakaian Anda Rusak Karna Salah Mencuci

Berkat perkembangan teknologi, banyak hal yang membikin profesi kita lebih gampang, termasuk urusan rumah tangga. Apabila dulunya kita sepatutnya mencuci dengan tangan, karenanya sekarang udah ada teknologi yang namanya mesin cuci. Tanpa perlu atau pun disikat, baju yang akan dicuci tinggal dimasukkan ke dalam mesin. Profesi yang memakan waktu dan kekuatan hal yang demikian sekarang jadi lebih mudah pun dapat ditinggal sembari menjalankan profesi lain.

Melainkan, bukan berarti mesin cuci ialah penemuan kreatif yang total sehingga dapat menyesuaikan dengan keperluan kita. Justru kita lah yang sepatutnya menyesuaikan dengan penerapan atau metode mesin cuci ini berprofesi. Oleh sebab itulah, seenggaknya ada 6 hal penting yang sebaiknya jangan kau abaikan dikala mencuci dengan mesin seandainya nggak pengen pakaianmu pesat rusak~

Yuk ketahui Cara Cuci Springbed

  1. Nggak seluruh baju dapat dicuci mengaplikasikan temperatur air yang tinggi
    Baju akan menjaga wujud dan warnanya lebih lama kalau dicuci mengaplikasikan temperatur yang lebih rendah. Sedangkan temperatur lebih tinggi sengaja diaplikasikan untuk disinfeksi, tapi penerapan air hangat atau air dingin aja juga konsisten dapat memecahkan kotoran selama mesin cuci dan deterjen yang kau pilih pas. Sebagian bahan baju yang dapat dicuci degan temperatur 190 F ialah linen atau handuk. Jadi untuk macam baju lain mending gunakan temperatur yang lebih rendah ya.

    Baca juga : Tips Mencari Jasa Cuci Karpet
  2. Memakai mesin cuci untuk baju yang sungguh-sungguh dekil atau sungguh-sungguh bernoda
    Baju yang sungguh-sungguh dekil harus direndam terutama dulu lalu dicuci atau dikucek mengaplikasikan tangan. Sesudah dikasih cairan penghilang noda, barulah dimasukkan ke dalam mesin cuci. Sebab jikalau dimasukkan seketika ke dalam mesin cuci, karenanya kotoran atau nodanya nggak akan terangkat 100 persen. Noda yang masih membekas itulah yang dapat lambat laut merusak pakaianmu.
  3. Pengaplikasian deterjen dan pelembut secara berlebihan justru malahan nggak baik buat pakaianmu
    Upaya bahwa kian banyak detergen dan pelembut yang kita pakai akan membikin baju kita kian bersih dan lembut ialah sebuah kekeliruan. Meski hal yang demikian justru bisa membawa pengaruh buruk pada baju yang kau cuci. Deterjen yang berlebihan dapat menyumbat wadah deterjen lalu menyebabkan bau tak enak. Sebab penggunakan pelembut terlalu banyak membikin baju jadi sulit untuk dibilas. Oleh sebab itu cermati dosis yang ada pada kemasan. Dan kalau pakaianmu benar-benar dekil, karenanya rendam dan kucek dengan tangan terutama dulu.

    Jasa Cuci Sofa
  4. Mencuci jeans atau denim terlalu acap kali justru akan pesat membikin pakaianmu itu pudar
    Sebagai salah satu bahan baju unggulan, jeans atau denim pasti kau pakai sehari-hari. Sebab acap kali digunakan tentu kau juga akan acap kali mencucinya. Tetapi mencuci jeans keseringan terbukti nggak bagus, lho. Produsen denim pun memberi masukan untuk nggak mencuci bahan baju hal yang demikian mengaplikasikan mesin cuci jikalau mau mempertahankan warnanya lebih lama. Atau kau dapat mencucinya dalam bentang waktu 2-6 bulan sekali. Sebagian ingat, hal ini tergantung seberapa acap kali kau mengaplikasikan jeans dan bagaimana karakteristik tubuhmu. Untuk menghilangkan bau, umumnya diangin-angin juga udah cukup kok~
  5. Caramu mengeringkan baju sesudah dicuci mengaplikasikan mesin juga berakibat, lho
    Pengeringan yang salah juga dapat memengaruhi pakaianmu. Sebagian hal yang perlu kau observasi dikala mengeringkan baju antara lain:
  • Jangan terlalu acap kali mengeringkan otomatis, sebab dapat membikin baju pesat aus dan kehilangan warna lebih pesat
  • Jangan pakai pengeringan otomatis untuk bahan yang tipis dan halus
  • Jangan membikin baju terlalu kering sebab cuma akan menyulitkan waktu disetrika
  • Bahan yang terbuat dari rajutan atau wol jangan dihanger atau digantung sebab akan merubah formatnya
  • Sebelum dijemur, luruskan kain terutama dulu untuk menghindari kerutan

Caramu merawat mesin cuci juga berakibat lho sama pakaianmu
Kotoran, residu dari deterjen, dan semua sesuatu yan terkumpul dalam mesin cuci lambat laun akan merekat pada pakaianmu sehingga menyebabkan noda putih atu bau busuk. Untuk mencegah hal ini, kau dapat meniru hukum simpel dalam memelihara mesin cuci:

  • Dinginkan mesin cuci sesudah diaplikasikan
  • Hapus sisa deterjen dari karet di komponen pintu mesin cuci
  • Bilas wadah deterjen secara teratur
  • Satu kali sebulan, pakai mesin cuci dalam kondisi kosong lalu masukkan satu sendok deterjen dan 4 gelas cuka untuk disinfeksi

Baca juga : Tips Mencari Jasa Cuci Karpet Kantor

Nah, seandainya kau pengen pakaianmu lebih awet dikala dicuci mengaplikasikan mesin cuci, karenanya jangan hingga hal-hal krusial ini kau abaikan ya. Apalagi jikalau kau senantiasa mengaplikasikan mesin cuci untuk seluruh macam pakaianmu. Mungkin nggak bakal tampak seandainya sekali dua kali, namun seandainya udah keseringan pakaianmu dapat rusak, mudah pudar, pun berubah wujud. Sayang kan?

5 Hal yang Seharusnya Diamati Saat Menentukan Sekolah Dasar Untuk Anak

Bukan hanya masuk ke perguruan tinggi, masuk ke sekolah dasar juga mempunyai tingkat kesulitannya sendiri. Kesulitan ini lebih dirasakan oleh para orang tua murid. Bukan rahasia lagi bahwa menentukan sekolah dasar yang ideal untuk anak memang kadang-kadang membingungkan. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan orang tua dan kadang-kadang bapak dan ibu tidak mempunyai rekan yang cocok untuk memberikan mereka masukan yang bagus mengenai cara memilih sekolah dasar yang ideal.

Jangan sampai Anda melakukan kekeliruan fatal disaat memilih sekolah dasar untuk anak. Kenali sebagian tips cepat dan mudah yang seharusnya Anda pahami disaat akan memastikan sekolah dasar mana yang terbaik untuk anak.

1. Jarak dengan rumah dan jalan masuk

Kualitas sekolah dasar memang seharusnya menjadi pertimbangan besar dalam memilih sekolah untuk anak. Tetapi, Anda juga seharusnya realistis. Pastikan anda memang mempunyai akses yang mudah menuju sekolah dasar yang anda pilih.

Baca Juga: Sekolah Internasional di Jakarta

Percuma saja jika sekolah yang Anda pilih berkualitas tapi jaraknya terlalu jauh dari rumah atau Anda kesulitan mengaksesnya karena kemacetan yang parah misalnya. Anak Anda terpaksa harus bangun sangat pagi. Anda juga menjadi repot menyiapkan kebutuhannya sejak pagi sekali dan hal-hal tersebut akan membuat anak menjadi mudah mengantuk di sekolah. Jadi. Pilihlah sekolah dasar yang kualitasnya baik namun akses cukup mudah untuk Anda.

2. Perhatikan kemampuan finansial

Siapa yang tidak berharap menyekolahkan anak-anaknya di sebuah sekolah dengan fasilitas favorit, guru-guru yang sangat berpengalaman, serta akses yang besar menuju teknologi terupdate? Tetapi, Anda juga seharusnya melihat kesanggupan finansial. Memang betul, bapak dan ibu seharusnya memberikan yang terbaik untuk buah hati, namun jangan hingga Anda memaksakan diri untuk menyekolahkan anak di sekolah mahal hingga seharusnya berhutang kemana-mana. Hal tersebut justru akan menghancurkan anak dimasa depan.

Jadi, pilihlah sekolah yang memang cocok dengan kesanggupan finansial Anda. Ingat, sekolah bukan hanya sekedar persoalan gengsi semata namun berkaitan kenyamanan bagi anak, bapak dan ibu.

3. Lihatbudaya dan lingkungan di sekolah

Sebelum memasukkan anak ke sebuah sekolah dasar, perhatikan secara khusus dulu lingkungan dan budaya di sekolah dasar tersebut. Bagaimanakah perilaku guru kepada para murid? Bagaimana interaksi antar murid? Apakah ada perbuatan perundungan atau bullying di sekolah tersebut dan bagaimana cara mengatasinya?

Jika Anda merasa kurang nyaman dengan budaya di sebuah sekolah lebih baik jangan memasukkan anak-anak ke sekolah tersebut sebab dapat saja anak-anak akan mengalami ketidakcocokan di sana dan mengganggu proses belajar megajarnya. Cara memilih sekolah yang ini seringkali dilupakan walaupun sungguh-sungguh penting, untuk perkembangan psikologi anak.

Cek Juga: IB School Jakarta

4.Perhatikan infrastruktur dan fasilitas

Memperhatikan fasilitas dan infrastruktur di sekolah juga penting untuk pengajaran anak Anda. Jadi, pastikan Anda memilih sekolah dasar dengan infrastruktur yang memadai dan juga dengan fasilitas yang cukup atau mungkin sungguh-sungguh maksimal untuk mendorong perkembangan anak. Ingat, kebersihan sekolah sungguh-sungguh penting untuk diperhatikan karena sekolah yang kotor akan membuat anak mudah terserang penyakit.

5. Perhatikan kecocokan sekolah dan pendidikan keluarga

Disaat anak-anak mulai menduduki tempat duduk sekolah tanggung jawab pengajaran yang terbesar berpindah kepada para guru. Tetapi. bukan berarti bapak dan ibu bisa melepas seperti itu saja pengajaran anak-anaknya. Setiap sekolah tentunya mempunyai keunggulannya masing-masing.

hanya saja, tidak semua sekolah cocok dengan pendidikan di rumah Anda. Perhatikan, apakah sebuah sekolah mempunyai metode pengajaran dan juga karakter yang sama dengan apa yang dianut oleh keluarga Anda? Apabila karakter pengajaran dari sekolah itu sungguh-sungguh berbeda dengan karakter keluarga, ada potensi terjadi berbentrokan antara anak dan juga annggota keluarga. Jadi, pastikan Anda memilih sekolah dengan karakter pengajaran yang sama dengan karakter keluarga.

Itulah beberapa cara memilih sekolah dasar yang seharusnya Anda amati. Hal tersebut bisa menolong anda dalam mendorong pengerjaan belajar dan membuat anak menjadi giat untuk menimba ilmu. Tetapi ingat, selain memilih sekolah dasar yang baik, Anda juga seharusnya tetap berpartisipasi dalam pengajaran anaki di rumah dan mengenal betul aktivitasnya di sekolah.

Simak Juga: Cambridge Curriculum