Cara Kerja Mobil Berteknologi Mesin Hybrid

Cara Kerja Mobil Berteknologi Mesin Hybrid

Mobil hybrid sudah menjadi pandangan yang umum saat ini seiring dengan meningkatnya kesadaran manusia dalam pelestarian lingkungan. Para produsen kendaraan ternama dunia, hingga pabrik mobil super seperti Ferrari dan McLaren, berlomba-lomba meluncurkan kendaraan jenis ini.

Pada dasarnya mobil ini menggabungkan mesin berbahan bakar minyak dan motor listrik untuk menggerakkan roda kendaraan. Cara ini diklaim mampu menghemat penggunaan bahan bakar fosil yang tidak terbarukan sekaligus mengurangi pencemaran udara dan efek rumah kaca.

Lihat Juga: harga kredit toyota calya

Mobil hybrid sendiri secara garis besar terdiri atas 2 kategori, yakni hybrid paralel dan hybrid seri.

Situs How Stuff Works menjabarkan bahwa mobil hybrid paralel memiliki tangki yang menyuplai bahan bakar minyak ke mesin dan baterai yang menyuplai tenaga listrik ke mesin elektrik. Lalu kedua mesin itu dapat menggerakkan transmisi secara bersamaan, yang selanjutnya akan menggerakkan roda. Ketika kebutuhan tenaga tidak terlalu besar hybrid paralel memanfaatkan tenaga mesin bensin untuk memutar generator yang akan mengisi baterai atau digunakan sebagai charger tambahan.

Sementara pada mobil hybrid seri tugas utama mesin bensin adalah untuk menggerakan generator yang berfungsi sebagai pengisi daya pada baterai mobil tersebut. Mobil ini digerakkan penuh oleh tenaga listrik. Oleh karenanya mobil hybrid seri membutuhkan baterai yang lebih besar.

Lebih jauh lagi Fueleconomy.gov memaparkan bahwa mesin hybrid bisa digunakan untuk berbagai tujuan seperti menghemat bahan bakar, meningkatkan tenaga dan memberi daya tambahan untuk perangkat elektronik yang berada di mobil.

Cek Juga: harga kredit toyota agya

Ada beberapa teknologi maju yang digunakan oleh mesin hybrid.

Pertama adalah regenerative breaking, teknologi yang memungkinkan pengisian daya pada motor listrik saat mobil melakukan pengereman. Daya listrik yang dihasilkan itu kemudian disimpan dalam baterai untuk digunakan jika diperlukan.

Kemudian ada electronic motor drive/assist. Pada teknologi ini motor listrik digunakan untuk memberikan tambahan tenaga pada mesin saat berakselerasi, menyalip kendaraan lain atau saat di jalan mendaki.

Lalu ada automatic start/shutoff, sistem yang langsung mematikan mesin bensin dan menggantinya dengan tenaga listrik saat kendaraan dalam posisi diam. Mesin bensin baru akan bekerja lagi ketika pedal gas dipijak.

Jadi pada intinya, motor listrik pada mobil bermesin hybrid hanya memegang peranan pembantu. Inilah yang menjadi pembeda mobil hybrid dengan mobil listrik (Electric Vehicles/EV’s), yang mengandalkan listrik sepenuhnya sebagai sumber tenaganya seperti dijabarkan dalam situs Ucsusa.org. Bila listriknya habis, Baterai harus diisi ulang secara khusus dalam waktu 8 sampai 12 jam.

Kunjungi Juga: harga mobil avanza kredit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *